08 Maret 2013

HAPPY WOMEN`S DAY

Hmm.. Waktu mau browsingg, si Om google menampilkan gambar ini di "lobby"nya



Dan ternyata, saya baru tau kalau hari ini (tanggal 8 Maret) merupakan hari yang tergolong spesial bagi para kaum hawa sedunia. Ya, 8 Maret adalah peringatan Hari Perempuan Sedunia/Hari Perempuan Internasional (World Women`s Day).

Ceritanya nih, saya langsung cari-cari info seputar peringatan ini (biar tidak ketinggalan zaman toh). Nah, kata abang Wiki, gagasan tentang peringatan ini berawal sejak awal abad XX di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City.

Nah, awalnya perayaan ini diperingati pada 28 Februari 1909 di Amerika Serikat setelah adanya deklarasi dari Socialist Party of America (SPA). Dan, setelah melihat hal ini, wanita lain dari berbagai negara mulai memperjuangan hak mereka baik di bidang ekonomi, politik dan sosial.

Berikutnya, Pada tanggal 18 Maret 1911, lebih dari 1 juta orang memperingati International Woman’s Day (Hari Wanita Sedunia) yang disingkat IWD pertama kalinya di Austria, Jerman, Denmark dan Swiss. Dengan mengenakan baju wanita terbaik mereka, mereka bergerak agar negara mengakui hak – hak mereka. Lalu pada tahun 1913, Wanita Rusia bangkit dan mengadakan demo sebagai bentuk merayakan IWD pada hari minggu terakhir bulan Februari tahun 1917 (jatuh pada tanggal 8 Maret sesuai penanggalan Gregorian). Dan pada tanggal 8 Mei 1965, pemerintah Soviet mengeluarkan undang – undang baru bahwa IWD akan dianggap sebagai hari libur nasional di negaranya. Para wanita soviet akhirnya bisa menggenakan baju wanita terbaik mereka dan berkumpul dengan sesamanya untuk menikmati liburan.

Peringatan ini dirasa sangat penting bagi negara-negara barat, oleh karenanya PBB kemudian mengundang negara-negara anggota untuk menyatuhkan pendapat tentang hari yang akan ditetapkan sebagai hari wanita sedunia pada tahun 1977. Akhirnya, PBB mempromoklasikan tanggal 8 Maret sebagai hari wanita internasional yang memperingati hak asasi wanita dan perdamainan dunia.

Nah, selamat memperingati hari ini wahai kaum hawa sedunia. Semoga semakin banyak perempuan yang sadar bahwa Tuhan menciptakan mereka dengan berbagai kekhususan dan hal-hal spesial yang tidak akan pernah dimiliki oleh kaum pria. CMIIW

Salam buat para perempuan sedunia, dari seorang laki-laki di tengah-tengah dunia.. :D

Karena perjuangan kalian, hari ini milik kalian..

“Dibalik orang-orang sukses, ada wanita-wanita hebat yang berada di sisinya”

“Karena wanita ingin dimengerti”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar